Mengkaji Peluang Usaha Frozen Food Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Persyarikatan

Kajian Ramadhan kali ini mengadirkan kajian di bidang ekonomi dengan mengundang Koordinator Unit Usaha Surya Berkah Food, Wahyu Tri Amaliah Pravito dari Jombang. Kajian ini menarik bagi seluruh peserta.
Membuka kajiannya narasumber menyatakan perlunya persyarikatan memiliki pilar ekonomi yang kuat, dan itu bisa diraih. Kesempatan dan peluang ada cuma belum tergambar. Kini gambaran dan peluang itu hadir dalam bentuk aktivitas berdagang frozen food yang tidak memerlukan modal besar dan persyaratan yang “njlimet”.
Mengapa frozen food? Konsumsi makanan beku di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2024 nilai pasar makanan beku domestik mencabai lebih 220 T rupiah. Ini terjadi karena didorong oleh perubahan gaya hidup masyarakat yang mengutamakan kepraktisan dan semakin meningkatnya urbanisasi.
Berikut ini merupakan keunggulan frozen food yaitu: 1) Tahan lama (umur simpan lebih lama. 2) Mudah disimpan dan ditrisbusikan, 3) Siap masak cepat saji; dan 4) Variannya banyak. Produk makanan ini diperkirakan akan “booming” sekitar tahun 2040.

Jadi kita ambil kesempatan lebih dulu sebelum booming, maka mulai sekarang hendaknya Muhammadiyah Nganjuk harus segera ambil langkah untuk bekerja sama dengan Afco (Agung Family Corperation) Food bidang retail.
Berikut beberapa keunggulan kerja sama dengan Afco yaitu yang pertama kita dapat harga pabrik, tidak melalui distributor; yang kedua seluruh bahan dan proses pembuatan halal. Produk populernya di pasaran adalah merek Salam, nuget dengan daging 30%, Zaitun nuget dengan daging 60%.
Kerja sama langsung dengan afco ini PDM Jombang hanya menghubungkan, tak mau ambil peluang sendirian. Ada tiga pilihan kerja sama yaitu:
- Reseler modal 2,5 juta, mendapat frezer (bisa diisi produk lain) pesan pertama,
Minimal 5 dos, 1,5 juta maksimal, ada target penjualan, tak ada biaya tambahan pembayaran maksimal 1,5 bulan - Pilihan kerja sama 50 – 50. Ketentuan siapkan tempat dan sarana, manajemen dari afco. Penjaga dari kader, akan diberi pelatihan
- Pilihan kerja sama 75 – 25 dengan ketentuan: Sediakan tempat kosongan dan listrik ready, semua isi dan manajemen dari afco. Jarak antar toko frozen 3km
Keunggulan lain harga sama dengan jombang, lebih murah dengan dengan toko frozen lain di luar afco. Dengan Semboyan afco “Anti gagal”, mari kita ambil peluang meningkatkan ekonomi persyarikatan dan wargaMu dengan buka usaha dagang frozen food, makanan masa depan.
Penulis : Panggih Riyadi